0

Dan Sepertinya, Aku akan Menjadi Guru Lebih Lama....

Posted by ardianti lestari aris on 09.20
Hari ini menyenangkan. Yah, tepatnya malam ini. Dulu, ketika pertama kali aku masuk ke kelas itu, jantung ku sempat berdebar. Tanganku sempat gemetaran. Bagaimana tidak? Semua siswa di kelas itu adalah laki-laki. Iya, walaupun aku tahu bahwa mereka hanyalah anak SMP dan SMA. Tapi jangan salah, aku tahu betul seperti apa itu kenakalan remaja. Anak-anak SMP yang mem-bully gurunya. Menempelkan lem di kursi guru. Anak-anak SMA yang membangkang, kasar dan tidak menghormati orang yang lebih tua). Bayangan-bayangan bully itu yang terbayang dikepalaku sejak aku ditugaskan mengajar kelas itu. Malam sebelum hari pertama kelas malah aku tidak bisa tidur.  Lalu dengan bantuan  pertanyaan TTS yang mengatakan bahwa Sifat :  Menghadapi segala tantangan, dengan 6 kotak dimulai dengan huruf B. Sambil ku tuliskan kata BERANI akupun meneguhkan hati, bahwa Yes. I am ready for all challange.


Dan hari itu tiba. Hari pertama mengajar di kelas itu. Kelas yang hanya seorang guru laki-laki yang berani memasukinya. Dan aku, yang tidak berdosa ini (hahahah) akhirnya harus menerima takdirku di kelas itu. *ala-alasinetron*.

Perlahan tarikan nafas ku tidak teratur, jantungku rasanya ingin loncat keluar, tangan ku basah dan gemetaran. Sumpah, ini  kali pertamanya aku merasa seperti ini. Sampai di depan kelas, ku lihat wajah-wajah mereka dan jujur saja, aku merasa ingin mengundurkan diri. Terlebih lagi, aku melihat ada 2 anak SMA yang berbadan besar, dengan wajah tidak bersahabat. Tapi tidak, aku bukan orang yang pantang menyerah, kawan.



"Hello guys, start from today we are going to be together for 1 month" kataku sambil tersenyum manis semanis manisnya. Dan jawaban mereka adalah.....
"krik...krik...krik..." alias tidak ada jawaban. 
"Where is Sir X?" salah satu anak bertanya.

You know what? Salah satu pertanyaan yang sangat dibenci oleh guru pengganti adalah "Mana guru sebelumnya?" karena itu pertanda bahwa siswa itu belum MOVE ON. And I got that question. Dan akhirnya penjelasan berlangsung dengan Bla..Bla...Bla.... Kelas yang datar dengan siswa yang tidak bersemangat.

Hari berikutnya, mereka membawa finger board dan memainkannya di kelas tanpa memperhatikan sedikitpun penjelasanku. Hari berikutnya, mereka sudah mulai bisa tertawa karena games yang ku berikan di dalam kelas. Itupun setelah aku berpikr keras kira-kira apa yang akan membuat mereka tertarik. Hari berikutnya kami sudah saling offer jokes. Yah, karena memang dasarnya aku orang yang lucu dan menggemaskan, apa boleh buat. *tolongtahanmuntahanda*. Namun hari berikutnya, Lagi, mereka membawa mainan ajaib lainnya ke dalam kelas. Sebuah jarum panjang yang dimasukkan kedalam pipet kemudian ditiup. Aku menyebutnya *pipet berjarum*. Dan pemirsa, saudara-saudara seibu sebapak sebangsa dan setanah air, jarum itu nancep ke papan tulis saat dua orang siswa meniupnya. Dan saat itu, tidak akan pernah nama mereka ku lupakan. Vigo dan Brama.


Tepat setelah kejadian itu, aku menyerah. Aku merajuk ke Teacher Coordinator untuk menggantiku menjadi guru dikelas itu. Alasannya sederhana. "Mereka mem-bully ku. Dan aku tidak dapat melakukan apa-apa. Mereka merusak properti kelas ku, dan aku tidak dapat melakukan apa-apa. Aku guru yang buruk."

Padahal, alasan sebenarnya adalah aku hanya ingin mereka sedikit merindukanku. 
TC ku hanya menyuruhku bersabar sampai bulan depan, dan selama kelas, ada banyak hal yang terjadi, yang pasti dikelasku, aku tidak membiarkan mereka berbicara kotor, dan mengajarkan untuk menghormati orang lain.


Akhirnya, Bulan berikutnya, aku dibebastugaskan dari kelas itu. Lega? Sedikit. Tapj kemudian, karena sesuatu hal, aku merasa sangat kecewa pada mereka. Aku membawa siswa-siswa ku yg lain untuk menjadi guru di kelas mereka. Tapi mereka sama sekali tidak menghormati kami. Berbicara kotor didepan kami. Tidak mendengarkan kami. Dan mengejek kami. Tahukah kalian,  pada saat itu mata 2 orang siswiku berkaca-kaca hendak menangis. Dan Juga terjadi padaku. Perasaan menyesal dan bersalah telah membawa siswa-siswaku yang lain untuk masuk ke kelas mereka membuatku merasa aku tidak akan pernah mau mengajar mereka lagi. Dan pada saat yang sama, coklat yang diberikan oleh salah seorang dari mereka tidak ingin aku makan.


Namun, situasi yang terjadi berbeda. Aku harus mengajar mereka lagi. Mau tidak mau. Karena penugasan kembali padaku. Awalnya rasanya malas dan enggan. Syukurlah masuk seorang siswa perempuan. Dan syukurlah Si the one and only itu tahan dengan mereka. Kemudian hari berlalu, dan aku berubah pikiran. Mereka LUAR BIASA!

Mereka mungkin Banna' (nakal) namun kelas itu adalah kelas terbaik yang pernaa aku ajar. Mereka mengerti persahabatan itu seperti apa. Bahkan tidak jarang yang SMP duduk di pangkuan yang SMA. Setiap seorang teman datang mereka selalu bersorak gembira. Ketika ada yang berhenti dan tidak melanjutkan level. Mereka tetap mengingat. Ketika ada yang berhenti lalu kembali lagi, mereka senang. Mereka bahkan mungkin menunggu yang sudah berhenti untuk kembali masuk kelas lagi. Mereka HEBAT! Mereka selalu berbahasa indonesia di kelas. Namun jangan salah, mereka hanya tidak mau berbahasa inggris. Entahlah kenapa, hanya mereka  dan Tuhan yang tahu.


Sekarang kami punya 4 perempuan di dalam kelas. Dengan satu adik kecil yang super cerewet dan selalu bertengkar dengan kakak paling besar di kelas. Lucu melihat mereka bertengkar.  Dan malam ini, kami pergi makan bersama. Mereka mengumpulkan uang untuk mentraktirku. Wah..... can i cry a river? Does it mean that they love me? Mereka yang selalu menakutiku dengan memadamkan semua lampu? Yang mengancamku dengan Pipet Berjarum? Yang mengejek siswaku yang lain? Yang tidak memperhatikan penjelasanku? waaaahhhhh..... sepertinya susuk ku berhasil Hahahahahaha.....

Ketika mengingat kembali mimpi-mimpi yang ingin ku raih.. Yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan guru, rasanya aku akan merindukan ini. Sampai mimpi itu teraih, sepertinya aku akan menjadi guru lebih lama dari dugaanku. Selamat Tidur.

0 Comments

Posting Komentar

hoW MucH...??

Copyright © 2009 ..My Blog, My Life.. All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.